APLIKASI PERMAINAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA DAN BUDAYA SUMATERA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dyah Ayu Megawaty Universitas Teknokrat Indonesia
  • Damayanti Damayanti universitas teknokrat indonesia
  • Zakaria Sani Assubhi universitas teknokrat indonesia
  • Maulana Aziz Assuja universitas teknokrat indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/komputasi.v9i1.2779

Keywords:

Construct 2, Game Edukasi, MDLC, Peta dan Budaya Sumatera, Sekolah Dasar

Abstract

Indonesia secara umum mempunyai banyak keanekaragaman budaya dari berbagai pulau. Pulau Sumatera termasuk dalam pulau-pulau terbesar di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan yang ada di Indonesia pada saat ini secara perlahan mulai terlupakan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif lain untuk mengenalkan pulau Sumatera pada pelajar sekolah dasar melalui aplikasi permainan sehingga siswa tidak mudah bosan dan tertarik untuk mengetahui sejarah masing-masing provinsi, rumah adat dan pakaian adatnya. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan construct 2 dan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle. Hasil penelitian ini berupa aplikasi permainan pengenalan peta dan budaya Sumatera yang dapat dijalankan melalui smartphone berbasis android dengan disertakan latihan soal, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa mendalami materi yang didapat dari game ini. Aplikasi ini telah diuji kepada siswa sekolah dasar dengan rata-rata hasil 94% atau sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles